Penulis / NIM
LIHANNATUR SHOLEHAH / 221409017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
LIHANNATUR SHOLEHAH, 2013. MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR DI KELAS Xa SMA NEGERI I WONOSARI KABUPATEN BOALEMO. Skripsi. Jurusan ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu sosial Universitas negeri Gorontalo, Di bawah bimbingan Bapak Drs. Revoltje O.W Kaunang, M. Pd selaku Dosen pembimbing I dan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir siswa, yang dilaksanakan di SMA Negeri I wonosari. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode ceramah dan diskusi dimana dalam hal ini penulis menggambarkan meneliti kegiatan atau aktivitas pembelajaran PKn dan mengkaji setiap aspek dan kasus yang terjadi atau timbul dari setiap peristiwa-peristiwa nyata yang terjadi selama pembelajaran berlangsung dari hasil penelitian tindakan ini ditemukan bahwa kemampuan siswa dengan mengacu pada lembaran hasil siswa pada diskusi yang mana hasil pencapaian 70% pada siklus I, setelah diadakan perbaikan dari pada siklus I maka hasil yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 80%, ini berarti penelitian penulis telah tercapai.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi Pembelajaran Peningkatan kemampuan berfikir ( SPPKB ) dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman belajar siswa, Khususnya pada mata Pelajaran PKn di SMA Negeri I Wonosari.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Peningkatan kemampuan berfikir
Download berkas