Penulis / NIM
AZWAR S. DUNGGIO / 221409021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK
Azwar S. Dunggio, 2016. Peran Guru PKn Dalam Membentuk Katerter Pesrta Didik di SMP Negeri 1 TAPA Kab. Bone Bolango (dibimbing oleh Bapak Dr. Sastro M. Wantu, SH. M.Si selaku pembimbing I dan Dr. Udin Hamim, S.Pd. SH. M.Si selaku pembimbing II) Program Studi Pendidikan kewarganegaraan (PKn) Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan (IHK) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Gorontalo (UNG).
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka,melainkan data tersebut berasal dari naska wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, dan dukemen resmi lainnya. Sehingga yang menjadi tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah ingin menggambarkan realita empiric di balik fenomena secara mendalam, rinci dan tuntas. Oleh karena itu penggunaan pendekatan kualitatif dalam pendekatan ini adalah dengan mencocokan antara realita empirik dengan teori yang berlaku dengan menggunakan metode deskriptif.
Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimana peran guru PKn dalam membangun karakter peserta didik serta faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala guru PKn dalam membangun karakter peserta didik
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PKn dalam membangun karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Tapa, telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang di sekolah dan berdasarkan visi dan misi sekolah, tetapi masih banyak aspek-aspek yang perlu ditingkatkan peran yang telah dilaksanakan dengan optimal adalah peran dalam memberikan motivasi kepada peserta didik, peran memberikan bimbingan dan nasehat kepada peserta didik.
Kata kunci : Peran Guru, Membangun Karakter
Download berkas