Penulis / NIM
HARIYANTO KATJO / 221409023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Profesionalisme guru dilihat dari kualifikasi keilmuan dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi profesionalisme guru di SMP dan SMA Negeri se- Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah kualitatif deskriptif yaitu untuk menggambarkan tentang Profesionalisme Guru dilihat dari Kualifikasi Keilmuan. Guru yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 8 guru PKn yang terbagi dalam beberapa sekolah yaitu (2) Guru PKn di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo, (1) Guru PKn di SMP 2 Kota Gorontalo, (2) Guru PKn di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo, (3) Guru PKn di SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan bahwa Guru yang Profesional adalah guru yang mengajar berdasarkan kualifikasi keilmuan yang dimiliki. Factor yang mempengaruhi profesionalisme guru juga yaitu adalah : fasilitas belajar mengajar, penggunaan perangkat pembelajaran yaitu RPP dan silabus, alokasi waktu mata pelajaran PKn masih agak minim dan faktor yang terakhir yaitu pemahaman guru terhadap materi yang diajarkan karena menjadi guru PKn tidaklah mudah.Kata Kunci : Profesinalisme guru, Kualifikasi keilmuan.
Download berkas