Penulis / NIM
YULINDA / 221409026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAKYULINDA, 2013.”Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas VII SMP Negeri 2 Taopa”. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Taopa melalui model pembelajaran scramble bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII tahun ajaran 2013/2014 yang siswanya berjumlah 29 orang terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan lembar pengamatan kegiatan siswa serta hasil belajar. Siklus pertama 2 kali pertemuan dan siklus kedua 2 kali pertemuan, Disetiap pertemuan alokasi waktu 2x45 menit yang mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Berdasarkan hasil penelitian siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Scramble dari 29 orang siswa yang tuntas 13 orang atau 44,83% dan yang tidak tuntas 16 orang atau 55,17%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I pemahaman siswa belum optimal atau belum mencapai keberhasilan yang ditetapkan, sehingga dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 telah mengalami peningkatan siswa yang tuntas 24 orang atau 82,76% sedangkan yang tidak tuntas 5 orang atau 17,24%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran scramble telah meningkat. Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Scramble
Download berkas