Penulis / NIM
HELMI ULOLI / 221409033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
HelmiUloli(Emi)2013.PenerapanModelPembelajaranTimeTokenArendsuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranPKndiKelasXbSMANegeri1MarisaKabupatnPohuwato.SkripsiJurusanIlmuHukumdanKemasyarakatanFakultasIlmuSosialUnversitasNegeriGorontalo,dibawahbimbingan1.Drs,RevoltjeO.WKaunangM.Pddanbimbingan2.AsmunW.Wantu,S.Pd,M.Sc.PermasalahanyangdiangkatdalampenelitianiniyaituapakahpenerapanModelPembelajaranTimeTokenArendsdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswpadaMataPelajaranPKndiKelasXbSMANegeri1MarisaKabupatenPohuwato.PerdasarkanpermasalahantersebutmakapenelitiandilaksanakanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKndiKelasXbSMANegei1MarisaKabupatenPohuwato,melaluipenerapanmodelpembelajaranTimeTokenArends.MetodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodePenelitianTindakanKelas(PTK)dalambentukpelaksanaankegiatanpembelajaranyangdilaksanakanolehpenelitiyangdiamatiolehgurupendampingsebagaimitrakerja.Pengumpulandatamelaluiinstrumenpengamatanbaikpengamatankegiatanpembelajaranmaupuntekshasilbelajarsiswayangkemudiandilakukananalsishasilbelajardalambentukkuatitatifsetiapakhirsiklustindakan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapadaSiklusIhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKndiKelasXaSMANegeri1MarisaKabupatenPohuwatosiswayngtuntasbelajarsebanyak21orangatau70%.PadaSiklusIIterjadipeningkatanyangsangatsignifikanyaitudari30orangsiswadikelastersebut,tuntassebanyak25orangatau83%.OlehkarenaitupenelitimenarikkesimpulanakhirbahwamodelpembelajaranTimeTokenArends,untukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKn.BerdasarkanhasilkesimpulandiatasdisarankankepadaguruPKndijenjangSMPdapatmenggunakanmodelpembelajaranTimeTokenArendsuntukmeningktkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKn.Disarankanpuladalammenggunakanmodelpembelajarantersebutgurudapatmelakukanpersiapandenganmatangdenganmemperhatikankarakteristikmteri,intakesiswadalammenggunakanmodelpembelajaranTimeTokenArendsyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.
KataKunci:ModelPembelajaranTimeTokenArends,HasilBelajarSiswa.
Download berkas