Penulis / NIM
MISRAWATI LASIMPALA / 221409035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Misrawati Lasimpala, 221 409035âImplementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Al- Mubarak Marisa Kab. Pohuwatoâ.Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, 2016 dibawah bimbingan Drs.Revoltje O. W. Kaunang, M.Pd. dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: âuntuk meningkatkan kreativitas berbicara siswa kelas VII-B pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mubarak Marisa Kabupaten Pohuwato.
Diduga Penyebab siswa tidak memiliki Kreativitas dalam berbicara adalah siswa hanya duduk diam, guru hanya menjadikan siswa sebagai tempat untuk mentransfer ilmu, kurangnya dukungan dari guru berupa pujian kepada siswa yang berani memberikan tanggapan, penyebab berikutnya yaitu ketidak percayaan diri siswa atau merasa malu ketika memberikan tanggapan atau berbicara di depan kelas.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek peneltian siswa kelas VII-B MTs. Al-Mubarak Marisa Kabupaten Pohuwato yang berjumlah 21 orang
Hasil Observasi awal yang dilakukan oleh pengamat dan Guru mitra maka data yang diperoleh adalah untuk siswa yang masuk pada kategori 0-49 Kurang berjumlah 11 orang siswa atau 53 %, kategori 50-68 Cukup berjumlah 4 orang siswa atau 19 %, sedangkan yang termasuk kategori 69-84 Baik terdapat 6 orang siswa atau 28 % dan yang termasuk kategori 85-100 Sangat Baik tidak ada.
Pada pelaksanaan pertemuan keempat siswa yang masuk kategori Baik berjumlah 12 orang siswa atau 58 %, sedangkan untuk kategori Sangat Baik berjumlah 5 siswa atau 24 %.
Berdasarkan hal ini maka hipotesis yang menyatakan bahwa : âJika digunakan Model Cooperative Integrated Reading and Compositiondalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan maka kreativitas berbicara siswa kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarak Marisa Kabupaten Pohuwato akan meningkat, âdapat diterimaâ.
Kata Kunci :Kreativitas, Cooperative Integrated Reading and Composition
Download berkas