SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMMAD DJAFAR / 221409041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRACK Muhamad Djafar. 2016. Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Peer Teaching Methods Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarga Negaraan di Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Telaga Biru. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Hukum Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Hj. Maisara Sunge, SH, MH dan Pembimbing II Dr. Zulaeha Ngiu, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui metode pembelajaran Peer Teaching Methods Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Dari hasil pengolahan data yang diperoleh dari penelitian penerapan metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) meningkatakan kretifitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn ) di SMP Negeri 1 Telaga Biru terjadi peningkatan Kreaativitas Siswa dengan memanfaatkan sumber belajar. Pada pertemuan pertama kretivitas belajar siswa dari keseluruhan indikator baru mencapai 21, 42 % Dan pada pertemuan kedua memperoleh hasil ataupun mencapai 60,71 % dan pada pertemuan ketiga barulah mencapai hasil yang di tentukan sesuai dengan indikator tingkat kretifitas siswa mencapai 92, 85 % baik setelah melaksanakan siklus dengan tiga kali pertemuan Hasil Kretivitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Telaga Biru dengan penerapan metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) mengalami peningkatan. Kretivitas. hasil kreativitas siswa dapat dilihat pada lampiran. Untuk itu disarankan: Untuk siswa, agar selalu aktif dalam kegiatan pembelajaran metode peer teaching (tutor sebaya) untuk melatih dan mengembangkan hasil belajar, baik membantu memecahkan permasalahan belajar teman maupun permasalahan belajar individu. Untuk para guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , agar mencoba menerapkan metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) sebagai alternatif untuk meningkatkan Kreativitas belajar siswa. Untuk peneliti lain, agar menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pelaksanaan metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) sehingga diperoleh hasil penelitian yang lebih maksimal lagi Kata Kunci : Kreatifitas siswa Metode Peer Teaching Methods
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011