Penulis / NIM
KARMILA MUSA / 221409043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
A B S T R A K
Karmila Musa (Mila) 2014. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, melalui Model Pembelajaran Peer Teaching di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Dengilo Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini Apakah Model Pembelajaran Peer Teaching dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dengilo Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato Adapun cara pemecahan masalah yaitu siswa dibagi dalam kelompok dengan anggota 4-5 orang, ketua kelompok diberikan instruksi tugas yang akan dikerjakan anggotanya,) ketua kelompok dibimbing cara mengerjakan tugas, ketua kelompok membimbing angota kelompok mengejakan tugas, seluruh anggota kelompok mempresentasikan hasil kerja di depan kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, melalui model membelajaran Peer Teaching di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Dengilo Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I terjadi terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu dari rata-rata 11 orang atau 50% kriteria baik pada Observasi Awal meningkat menjadi rata-rata 16 orang atau 72, 7% pada Siklus I. Namun demikian karena hasil yang di peroleh belum sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu minimal terjadi peningkatan motivasi belajar siswa 18 orang atau 82% sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada Siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu dari rata-rata 11 orang atau 50% kriteria baik pada Observasi Awal meningkat menjadi rata-rata 16 orang atau 72, 7% pada Siklus I dan meningkat lagi pada Sikus II sebanyak 18 orang atau 82%. Dengan demikian karena hasil yang di peroleh telah sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu minimal terjadi peningkatan motivasi belajar siswa 18 orang atau 82%
Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Peer Teaching
Download berkas