Penulis / NIM
IBRAHIM Y. PATOY / 221409044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
IBRAHIM PATOY. 2014." MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DI KELAS XA SMA NEGERI1 BONGOMEME".
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bongomeme melalui model pembelajaran Concept Sentence bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-A tahun ajaran 2014/2015 yang siswanya berjumlah 36 orang terdiri dari 16 orang siswa perempuan dan 20 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dengan 1 siklus dalam 3x pertmuan dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan lembar pengamatan kegiatan siswa serta hasil belajar. Disetiap pertemuan alokasi waktu 2x45 menit yang mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Berdasarkan hasil penelitian pertemuan pertama dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence dari 36 orang siswa memperoleh presentase masih rendah dan begitupun pada pertemuan Hal ini menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama dan kedua dalam peningkatan motivasi siswa belum optimal atau belum mencapai keberhasilan yang ditetapkan, sehingga dilanjutkan pada pertemuan ketiga. Pada pertemuan ketiga telah mengalami peningkatan dimana hasil yang di dapatkan rata-rata pada kriteria baik sekali memperoleh presentase 3 (30%), untuk kriteria baik memperoleh presentase 7 ( 70%) dan untuk kriteria cukup dan kurang memperoleh 0%, Sehingga dapat dikatakan bahwa motivasi siswa telah meningkat setelah dilakukan proses pembelajaran sebanyak tiga kali pertemuan masing-masing pertemuan 2x45 menit
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence telah meningkat.
Kata Kunci : Motivasi Siswa, Model Pembelajaran Concept Sentence
Download berkas