SKRIPSI

Penulis / NIM
FAJRIN TALIB / 221409048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
A B S T R A K Fajrin Talib (Fajrin) 2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitatory and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X Teknologi Hasil Perikanan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Paguyaman Pantai. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini Apakah dengan menerapkan Model Pembelajaran Student Facilitatory and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidilan Kewarganegaraan di kelas X Teknologi Hasil Perikanan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Paguyaman Pantai, dengan pemecahan masalah penerapan model pembelajaran Student Facilitatory and Explaining. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X Teknologi Hasil Perikanan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Paguyaman Pantai melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitatory and Explaining. Dengan manfaat bagi siswa meningkatkan tanggung jawab pribadi, mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, melatih siswa untuk berpikir secara kreatif, memudahkan peserta didik memahami pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan secara menyenangkan, bagi sekolah dapat meningkatkan prestasi sekolah sehingga lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat, bagi guru memudahkan guru dalam mentransformasikan materi pembelajaran kepada peserta didik, meningkatkan motivasi guru untuk mencoba menerapkan berbagai model pembelajaran agar lebih efektif dan efesien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian Siklus I pertemuan 1 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 8 orang atau 67% meraih ketuntasan pada KKM dan sebanyak 4 orang atau 33% tidak tuntas dalam belajar. Pertemuan 2, hasil refleksi dari hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 11 orang atau 92% meraih ketuntasan pada KKM dan sebanyak 1 orang atau 8%, tidak tuntas dalam belajar sehingga penelitian ini telah berhasil di siklus I. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Facilitatory and Explaining
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011