Penulis / NIM
SOFYAN PULANGO / 221409055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK
SOFYAN PULANGO, 2016. âPrean Komite Sekolah dalam Menciptakan Sinergitas Antara Orang Tua Murid dan Guru di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolangoâ. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Jusdin Puluhulawa, SH, M.Si serta Pembimbing II Dr. Udin Hamim, S.Pd.,SH.,M.Si.
Dalam menciptakan sinergitas antara orang tua murid dan guru di sekolah tentunya membutuhkan peran utama dari komite sekolah sebgai salah satu wadah penampung aspirasi masyarakat. Khususnya dalam peran komite yang terdiri dari komite sebagai badan pertimbangan, komite sebagai badan pendukung, komite sebagai badan pengontrol, dan komite sebagai badan penghubung.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui/peran komite dalam menciptakan sinergitas antara orang tua murid dan guru di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomonologis. Adapun yang menjadi instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini, yang menjadi sampel sumber data yaitu Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tapa, Ketua Komite SMP Negeri 1 Tapa, Staf Dewan Guru SMP Negeri 1 Tapa, dan Masyarakat serta orang tua murid. Tekhnik analisis data yang dilakukan lebih banyak bersamaan dengan pengumpulan data. Setelah data terkumpul, peneliti kemudian mereduksi data untuk mepermudah pengumpulan data selanjutnya. Kemudian langkah berikutnya mendisplaykan/menyajikan data dengan teks naratif dan tabel. Terakhir Peneliti menarik kesimpulan dari masalah yang diteliti sehingga mendapatkan gambaran objek penelitian secara jelas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa peran komite dalam menciptakan sinergitas belum dapat terlaksana secara efektif. Beberapa peran komite dinilai tidak dapat dijalankan dengan baik dan juga faktor-faktor sebagai pendukung terhadap peran komite sekolah masih kurang dalam memberikan kontribusi terhadap upaya mengsinergikan orang tua murid dan guru.
Kata Kunci: Komite, Orang Tua, Guru, Sinergitas.
Download berkas