Penulis / NIM
IRLAN A. LAMASAY / 221409056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Irlan a. Lamasay. 221409056.Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode pembelajaran Ekstrim di kelas IX Smp N 10 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran ekstrim hasil belajar siswa pada mata pelajaran pkn kelas IX Smp N 10 Kota Gorontalo akan meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui motode pembelajaran ekstrim pada mata pelajaran Pkn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Pada pelaksanaan tindakan siklus I pertemuan pertama dengan menerapkan metode pembelajaran ekstrim hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang di harapkan. Sehinga di laksanakan siklus satu pertemuan ke dua sebagai refleksi dari siklus satu pertemuan pertama. Pada siklus 1 pertemuan ke dua terjadi peningkatan dari hasil belajar siswa yaitu dari 28% meningkat menjadi 84% atau indikator kinerja tercapai.
Dengan demikian bahawa dapat disimpulkan metode pembelajaran ekstrim dapat meningkatkan hasil belajar sisiwa pada pembelajaran PKn.
Kata kunci : Hasil belajar siswa, metode pembelajaran Ekstrim
Download berkas