Penulis / NIM
REFLIN KADIR / 221409058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
ABSRTRAK
REFLIN KADIR, 2013. Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Asissted Individualization Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas X/3 SMA Negeri I Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango. Skripsi. Pembimbing I Prof. Drs.welly Pangayow, M.Si, Ph.D. Pembimbing II Dra. Hj. Maisara Sunge, SH, MH. Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Program Studi Pendidikan Kewarga Negaraan, Universitas Negeri Goerontalo.Dalam proses belajar mengajar terjadi interaksi antar berbagai komponen dan saling mempengaruhi, interaksi ini terjadi antar guru dengan siswa, siswa dengan guru, interaksi antara komponen tersebut, akan menciptakan situasi belajarr yang afektif dan menyenangkan.Berdasarkan konsep di atas maka menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kretivitas belajar siswa melalui model pembelajaran team asissted individualization pada mata pelajaran PKn di kelas X/3 SMA Negeri I Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango.Model yang digunakan dalam penelitian adalah model pembelajaran team asissted Individualization di mana model ini hanya berpaku segalanya kepada siswa, seorang Guru hanya menjelasakan dalam beberapa menit saja kemudian guru membagi kelompok sampai lima kelompok yang terdiri dari bebrapa orang anggota kelompok, dalam kelompok tesebut ada sekitar 1-2 orang yang punya tingkat pengetahuan yang lebih, sehingga mereka ini ditugaskan untuk mengajar pada teman-teman dalam kelompok tersebut. Dari hasil penelitian tindakan ini ditemukan bahwa kemampuan siswa dengan mengacu pada lembar hasil siswa dengan mengacu pada hasil belajar hanya berkisar 45% pada siklus I pertemuan pertama, setelah diadakan perbaikan dari kelemahan-kelemahan pada sisklus I pertemuan pertama, maka hasil yang diperoleh pada siklus I pertemuan Ke Dua meningkat menjadi 88,46% ini berarti penlitian penulis telah tercapai.Kesimpulan dalam penelitian ini adal dengan menggunakan model pembelajaran team asissted individualization dapat meningkatkan kretivitas belajar siswa melalui model pembelajaran team asissted individualization pada mata pelajaran PKn di kelas X/3 SMA Negeri I Tapa Kecamatan Tapa, Kabupaten Bonebolango.
Kata Kunci : Kreativitas Belajar Team Asissted Individualization.
Download berkas