Penulis / NIM
ISPAN H LAUHANI / 221409059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Abstrak
ABSTRAK
ISPAN H. LAUHANI: NIM 221 409 059, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Dan Non Example Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas X/1 SMA Negeri 1 Tapa, Skripsi 2013 Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan: Bapak Prof . Welly Pangayow , M.Si, Ph.D (Pembimbing Satu) dan Bapak Drs. Revoltje O.W Kaunang, M.Pd (Pembimbing dua). Adapun permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Dan Non Example Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas X/1 SMA Negeri 1 Tapa? Untuk itu, pemecahan masalah yang dapat ditempuh dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example dan non example yang akan menimbulkan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkat dengan baik. Penelitian tindakan kelas ini mengharapkan dampak yang positif terhadap tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa, disamping dapat memberikan rujukan bagi guru lainnya dalam upaya perbaikan proses pembelajaran. Adapun kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: Dengan penerapan model kooperatif tipe example dan non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X /1 SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango” terbukti” dan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Example Dan Non Example.
Download berkas