Penulis / NIM
GAZALI LABBA / 221409063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
Gazali Labba: NIM 221 409 063, Implementasi model pembelajaran Direct Instruction untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn Di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Limboto. Skripsi 2013 Jurusan ilmu hukum dan kemasyarakatan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan: Bapak Sukarman Kamuli selaku pembimbing satu dan Bapak Udin Hamim selaku pembimbing dua.
Adapun permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini, apakah dengan penerapan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn Di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Limboto? Untuk itu, pemecahan masalah yang dapat ditempuh dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction yang disertai metode ceramah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kegiatan belajar mengajar.
Penelitan tindakan kelas ini mengharapkan dampak yang positif terhadap tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa, disamping dapat memberikan rujukan bagi guru lainnya dalam upaya perbaikan proses pembelajaran. Adapun kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: Dengan penerapan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo “Berhasil”.
Kata kunci: Aktivitas Belajar, model pembelajaran Direct Instruction.
Download berkas