SKRIPSI

Penulis / NIM
IMELDA ISHAK / 221409064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Tapa melalui pembelajaran model Problem Based Instructions dan juga untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam diskusi oleh siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru/pengamat dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Tapa yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus 1 dilaksanakan dalam 3x pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dalam 2x pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes terulis. Dari hasil penelitian, aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus 2 mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari siklus I pertemuan I, aktivitas belajar siswa mencapai presentase ketuntasan 43,47%. Pada siklus 1 pertemuan 2 aktivitas belajar siswa meningkat dari pertemuan sebelumnya dimana aktivitas belajar mencapai presentase ketuntasan 42,98%. Pada siklus I pertemuan 3 juga aktivitas belajar siswa dalam kelompok mengalami peningkatan dimana aktivitas belajar siswa presentase ketuntasan 63,8%. Selain itu aktivitas belajar siswa dalam kelompok pada siklus 2 juga mengalami peningkatan capaian yang lebih baik dari siklus I sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus 2 pertemuan I mencapai presentase ketuntasan 70,04%. Pada siklus 2 pertemuan 2 ini aktivitas belajar siswa telah mencapai indicator keberhasilan yang telah ditetapkan dimana aktivitas belajar siswa presenase ketuntasan 79,61% dengan kategori Sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Instructions dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Tapa. Kata Kunci: Model Problem Based Instructions, Aktivitas Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011