Penulis / NIM
IMELDA ISHAK / 221409064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas
belajar siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Tapa melalui pembelajaran model Problem
Based Instructions dan juga untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
dalam diskusi oleh siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru/pengamat
dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Tapa
yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus 1
dilaksanakan dalam 3x pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dalam 2x pertemuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes terulis.
Dari hasil penelitian, aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus 2
mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari siklus I pertemuan I, aktivitas
belajar siswa mencapai presentase ketuntasan 43,47%. Pada siklus 1 pertemuan 2
aktivitas belajar siswa meningkat dari pertemuan sebelumnya dimana aktivitas
belajar mencapai presentase ketuntasan 42,98%. Pada siklus I pertemuan 3 juga
aktivitas belajar siswa dalam kelompok mengalami peningkatan dimana aktivitas
belajar siswa presentase ketuntasan 63,8%. Selain itu aktivitas belajar siswa dalam
kelompok pada siklus 2 juga mengalami peningkatan capaian yang lebih baik dari
siklus I sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus 2
pertemuan I mencapai presentase ketuntasan 70,04%. Pada siklus 2 pertemuan 2
ini aktivitas belajar siswa telah mencapai indicator keberhasilan yang telah
ditetapkan dimana aktivitas belajar siswa presenase ketuntasan 79,61% dengan
kategori Sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
dengan model Problem Based Instructions dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa dalam kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas X-7 SMA Negeri
1 Tapa.
Kata Kunci: Model Problem Based Instructions, Aktivitas Belajar
Download berkas