SKRIPSI

Penulis / NIM
LISKAWATI HAMZAH / 221409069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak

ABSTRAKLiskawati Hamzah. “Implementasi Model Pembelajaran The Power Of  Two Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di kelas VII  SMP NEGERI 1 Bulango Utara, Kec Bulango Utara, Kab Bone Bolango”. Di bawah bimbingan Dr. Hj Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W. Wantu, S.Pd M.Sc. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. 2013Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah sebagian besar siswa kurang menampakan kreatifitasnya dalam bentuk respon terhadap informasi  yang diberikan. Dan tentunya hal ini merupakan tanggung jawab dari guru yang melakukan proses pembelajaran yang dimaksud. Oleh karena itu melalui penelitian ini penulis berkeinginan untuk memecahkan masalah kurangnya kreativitas siswa dalam pelajaran PKn dengan mengoptimalkan penggunaan model mengajar yang dapat merangsang siswa aktif balajar yakni model pembelajaran the power of two.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Utara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Adanya peningkatan aktivitas siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran the power of two  maka hipotesis yang berbunyi jika dengan menerapkan model pembelajaran the power of two dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Utara pada materi “ Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat” dapat diterima.Adanya peningkatan presentase aktivitas belajar siswa baik kegiatan guru maupun kegiatan siswa dalam pembelajaran dari siklus I pertemuan ke 1 dan ke 2. Adanya perubahan hasil belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan model the power of two yaitu terdapat 6 siswa yang tidak tuntas dari 22 siswa yang dikenia tindakan dengan rata-rata kelas 7,39. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran the power of  two maka hasil belajar siswa meningkat dimana hanya terdapat  seorang siswa saja yang tidak tuntas dari 22 siswa yang dikenai tindakan.Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, The Power  Of  Two

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011