Penulis / NIM
LISKAWATI HAMZAH / 221409069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAKLiskawati Hamzah. “Implementasi Model Pembelajaran The Power Of Two Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di kelas VII SMP NEGERI 1 Bulango Utara, Kec Bulango Utara, Kab Bone Bolango”. Di bawah bimbingan Dr. Hj Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W. Wantu, S.Pd M.Sc. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. 2013Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah sebagian besar siswa kurang menampakan kreatifitasnya dalam bentuk respon terhadap informasi yang diberikan. Dan tentunya hal ini merupakan tanggung jawab dari guru yang melakukan proses pembelajaran yang dimaksud. Oleh karena itu melalui penelitian ini penulis berkeinginan untuk memecahkan masalah kurangnya kreativitas siswa dalam pelajaran PKn dengan mengoptimalkan penggunaan model mengajar yang dapat merangsang siswa aktif balajar yakni model pembelajaran the power of two.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Utara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Adanya peningkatan aktivitas siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran the power of two maka hipotesis yang berbunyi jika dengan menerapkan model pembelajaran the power of two dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Utara pada materi “ Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat” dapat diterima.Adanya peningkatan presentase aktivitas belajar siswa baik kegiatan guru maupun kegiatan siswa dalam pembelajaran dari siklus I pertemuan ke 1 dan ke 2. Adanya perubahan hasil belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan model the power of two yaitu terdapat 6 siswa yang tidak tuntas dari 22 siswa yang dikenia tindakan dengan rata-rata kelas 7,39. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran the power of two maka hasil belajar siswa meningkat dimana hanya terdapat seorang siswa saja yang tidak tuntas dari 22 siswa yang dikenai tindakan.Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, The Power Of Two
Download berkas