Penulis / NIM
JEFRI SULEMAN / 221409077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
JEFRI SULEMAN, NIM 221 409 077 " PENGGUNAAN METODE KELILING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VII SMP NEGERI 3 PAGUAT. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, Di bawah bimbingan Drs. Revoltje O.W Kaunang M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Asmun W.Wantu S.Pd. M.Sc selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan khususnya mata pelajaran PKn di kelas VII SMP Negeri 3 Paguat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode keliling kelompok dimana dalam hal ini penulis menjelaskan secara umum materi dan siswapun diberikan pertanyaan secukupnya untuk merangsang pengetahuan yang dimiliki dan siswapun diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan menyangkut materi yang dijelaskan dan menghubungkan dengan kenyataan yang terjadi disekitar, sehingga siswa mampu memahami materi dalam pembelajaran. Penelitian ini berlangsung hanya 1 siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan dengan mengikuti langkah-langkah penelitian tindakan kelas yaitu persiapan pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Disetiap akhir pertemuan dilakukan refleksi terhadap hasil yang diperoleh untuk melakukan perbaikan pada pertemuan berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian pertemuan I sampai III dengan menggunakan metode pembelajaran Keliling Kelompok dari 22 orang siswa pada kriteria (Baik), kemampuan bertanya memperoleh presentase 14 (63,6%), kemampuan menjawab siswa memperoleh presentase 11 (50%) dan kemampuan berdiskusi memperoleh presentase 12 (54,5%). Pada kriteria (Cukup), kemampuan bertanya siswa memperoleh presentase 6 (27,2%), kemampuan menjawab siswa memperoleh presentase 8 (36,3%) dan kemampuan berdiskusi memperoleh presentase 6 (27,2%). Sedangkan untuk kriteria (Kurang), kemampuan bertanya siswa memperoleh presentase 2 (9,0%), untuk kemampuan menjawab siswa mempeoleh presentase 3 (13,6%) dan kemampuan berdiskusi memperoleh presentase 4 (18,1%).
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Keliling Kelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 3 Paguat.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Metode Keliling Kelompok
Download berkas