SKRIPSI

Penulis / NIM
CANDRA MOHAMA / 221409080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Candra Mohama. 2013. ” Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas XI IPS MA AL-FALAH Limboto”. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Prodi S1 PKn, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Hj Zulaecha Ngiu, M.Pd sebagai pembimbing I dan Asmun W. Wantu, S.Pd. M.Sc sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa khususnya di kelas XI IPS MA Al-falah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil yang pelaksanaannya dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan prosedur tindakan, maka analisis data dalam pengujian hipotesis tindakan dilaksanakan dengan teknik prosentase yang diambil dari setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan tindakan, yang hendak dicapai yaitu minimal Minimal 85% kegiatan pembelajaran kelas baik kegiatan guru maupun kegiatan siswa memperoleh skor pengamatan baik, sangat baik. Minimal 85% ketuntasan belajar 75 keatas atau daya serap 75% pada tes lisan/tulisan maupun dari hasil evaluasi Minimal 85% siswa memiliki kemampuan berfikir kritis yang tinggi dalam pembelajaran. Kemampuan berfikir kritis siswa dengan nilai rata-rata 74,47 pada siklus I menjadi 78,85 pada siklus II, dengan ketuntasan pada siklus I sebesar 57,1% dan pada siklus II meningkat sebesar 90,5%. Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi keterbukaan dan keadilan. Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (problem based learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011