Penulis / NIM
HAMZAH IDRUS / 221409081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Hamzah Idrus, NIM. 221 409 081. “Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament dalam Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn dikelas X/6 MAN Model Gorontalo.”. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. 2013.
Penelitian ini dilatar-belakangi kurangnya Keaktifan siswa membahas tema pembelajaran mengenai persamaan kedudukan warga negara, serta kurangnya ketekunan siswa didalam mencari data terhadap tema yang dibahas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar sisiwa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Team Game Tournament pada siswa kelas X6 MAN Model Gorontalo.
Siswa yang dikenakan tindakan sejumlah 19 orang yang merupakan siswa kelas X6 MAN Model Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013. Indikator kinerja adalah 94,73,% atau 18 orang siswa kelas X6 MAN Model Gorontalo
Hasil analisis data diperoleh, Aktifitas belajar siswa yang menunjukan keakifan dan ketekunan pada prasiklus hanya 5 orang siswa (26,31%) dan meningkat menjadi 10 orang siswa (52,63%) pada siklus I pertemuan pertama, serta pada siklus I pertemuan kedua menunjukan penigkatan yang cukup signifikan menjadi 18 orang (94,73%) dari jumlah siswa 19 orang Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Game Tournament dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas X6 MAN Model Gorontalo
Kata kunci : Akifias Belajar Siswa, Team Game Tournament (TGT)
Download berkas