SKRIPSI

Penulis / NIM
MEIKE MIYODU / 221409085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Meike Miyodu. “ Meningkatkan Jiwa Kebersamaan Melalui Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick Pada Mata Pelajaran PKn di kelas VII SMP Negeri 9 Paguyaman Kabupaten Boalemo Tahun 2013”. Skripsi. Gorontalo Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan Universitas Negeri Gorontalo ( UNG ) 2013. Di Bawa Bimbingan I Ibu Dr.Hi.Zulaecha. ngiu M.Pd dan Bimbingan II Ibu Asmun W. Wantu S.Pd. M.Pd. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran dimana siswa di bagi dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang dengan kemampuan yang beragam. Dalam pembelajraan kooperatif diharapkan terjadi interaksi sosial dan interaksi kognitif antara siswa sehingga tercipta jiwa kebersaan dalam dalam kelompok. Mengingat pokok-pokok bahasa dalam mata pelajaran PKn terdiri dri tiga komponang penting yaitu produk, proses dan sikap jiwa kebersamaan. Salah satu metode pembelajran yang tepat dibidang PKn adalah melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metoe pembelajran kooperatif tipe talking stick yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa kebersaaan siswa pada pokok bahasan menapilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat di kelas VII SMP Negeri 9 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe talking stik yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa kebersaan siswa pada pokok bahasan menampilkan perilaku kemeredekaan mengemukakan pendapat di kelas VII SMP Negeri 9 Paguyaman kabupaten boalemo. Meningkatkan jiwa kebersamaan pada pokok bahsan menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat di kelas VVII SMP Negeri 9 paguyaman Kabupaten boalemo. Dari hasil penelitian dengan melihat jiwa kebersamaan. Siswa pada siklus I dimana dari 23 siswa yang dikenai tindakan diperoleh 21, 74% siswa yang memperoleh nilai 8, 00 keatas dan 69, 57% siswa memperoleh nilai 7, 00 ke atas dengan rata-rata nilai 7,50 maka pada pertemuan pertama dan kedua, maka tindakan tindakan tidak perlu dilanjutkan pada siklus II. Dengan melihat jiwa kebersamaan siswa pada siklus I pertemuan pertama dan kedua, maka pemblajran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan jiwa kebersamaan siswa pada pokok bahasan menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat. Kata kunci : Jiwa Kebersamaan, Kooperatif Learning, Talking Stick.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011