Penulis / NIM
NURPIAN NASARU / 221409087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
ABSTRAKNurpianNasaru, 2014. Pemberian Penguatan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Tilamuta Kec.Tilamuta Kab.Boalemo. (dibimbing oleh Bapak Drs. R. O. W Kauang, M.Pdselaku pembimbing I dan Hj. Maisara Sunge, SH. MH selaku pembimbing II) Program Studi Pendidikan kewarganegaraan (PKn) Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan (IHK) Fakultas Ilmu Sosial (FIS).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemberian penguatan. Permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimanakah bentuk-bentuk pemberian penguatan pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 2 Tilamuta? kedua, factor apasaja yang mendukung pemberian penguatan pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 2 Tilamuta?. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan diatas, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data dalam bentuk observasi, dokumentasi dan wawancaraHasil penelitian menunjukan bahwa: bentuk penguatan verbal berupa kata-kata seperti: bagus, ya, tepat, betul, bagus sekali dan kalimat seperti: pekerjaanmu bagus sekali, cara member penjelasan bagus sekali, dan bentuk penguatan nonverbal jarang diberikan kepada siswa. Factor pendukung pemberian penguatan pada mata pelajaran PKn terdapat pada factor eksternal (siswa).Untuk itu disarankan agar dalam pemberian penguatan tidak hanya berlaku untuk mata pelajaran PKn melainkan semua mata pelajaran yang ada disekolah, dan diharapkan kepada semua guru untuk dapat meningkatkan kemampuan dan menciptakan inovasi dalam mencapai prestasi belajar siswa khususnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian penguatan.Kata kunci :Penguatan, MotivasiBelajar,PKn.
Download berkas