Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
ABSTRAK
Sumitro nim 221409089 meningkatkan sikap kerja sama siswa melalui penerapan model pembelajaran jigsaw di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo.
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan sikap kerja sama siswa melalui model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran PKn dengan mengambil materi mengenai pentingnya kehidupan demokrasi. Alasan utama dilakukan penelitian ini karena berdasarkan data awal yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa rendah yaitu 65% sehingga alternativ yang diambil adalah meningkatkan sikap kerja sama siswa melalui penerapan model pembelajaran jigsaw.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo Profinsi Gorontalo dengan subyek penelitian adalah adalah siswa kelas VIII.3 tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari 15 orang laki laki dan 12 orang perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk tindakan kelas. pada penelitian ini hanya berlaku satu siklus. karena pada siklus satu hasil belajar siswa sebagai efek tindakan yang dilaksanakan sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil ini dapat dilihat dari temuan penelitian yang menyimpulkan bahwa dari 27 orang siswa yang dikenai tindakan yaitu 10 orang siswa 37,03 % memperoleh nilai sangat baik, 12 orang siswa 44,44 % memperoleh nilai baik, 3 orang siswa 11.11% memperoleh nilai cukup, dan 2 orang siswa 7,40 memperoleh nilai kurang, data awal yang di peroleh bahwa dari 27 orang siswa yang tuntas hanya 33,33% dan yang tidak tuntas 66,66% lihat lampiran.
Kata kunci. Pemahaman siswa, pelajaran PKn Tipe Jigsaw