Penulis / NIM
ABDUL AZIS ABUBAKAR NANGO / 221409095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAKAbdul Azis A. Nango, Nim 221 409 095 “ Meningkatkan Pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Posing Di Kelas VIII Tata Niaga SMP Negeri 2 Telaga, dengan materi Ketaatan Terhadap Peraturan Perundang-Undangan, Skripsi 2014 Jurusan Ilmu Hukum kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Prodi S1 PKn, Universitas Negeri Gorontalo 2014, dengan Pembimbing I Drs. Revoltje O.W Kaunang M.Pd dan Pembimbing II Asmun W. Wantu S.Pd. M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan khususnya mata pelajaran PKn di kelas VIII Tata Niaga SMP Negeri 2 Telaga. Meodel pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran problem posing dimana hal ini penulis menjelaskan secara umum materi dan siswapun diberikan pertanyaan secukupnya untuk merangsang pengetahuan yang dimiliki dan siwapun diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan menyangkut materi yang dijelaskan dan menghubungkan dengan kenyataan yang terjadi disekitar, sehingga siswa mampu memahami materi dalam pembelajaran. Penelitian ini berlangsung hanya 1 siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan dengan mengikuti langkah-langkah penelitian tindakan kelas yaitu persiapan pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Disetiap akhir pertemuan dilakukan refleksi terhadap hasil yang diperoleh untuk melakukan perbaikan pada pertemuan berikutnya.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran ProblemPosing dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan materi ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan di kelas VIII Tata Niaga SMP Negeri 2 Telaga.Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Problem Posing.
Download berkas