Penulis / NIM
RAMLY SULEMAN / 221409099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAKRAMLY SULEMAN, 221 409 099, Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran PKn di SMK Gotong Royong Telaga, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dan sejauh manakah hubuungan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa yang ada di smk gotong royong telaga. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa: hubungan yang ditimbulkan dari status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebesar 0.85 adalah signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Gotong Royong. Jika kondisi status sosial ekonomi orang tua tinggi maka prestasi belajar anak akan tinggi pula, namun sebaliknya apabila kondisi sosial ekonomi orang tua rendah maka prestasi belajar anak juga rendah, karena kurangnya dukungan sarana dan prasarana yang menunjang kebutuhan belajar anaknya, hal ini dapat menghambat prestasi belajar anak.Kata Kunci : Sosial Ekonomi, Belajar, Prestasi Belajar
Download berkas