Penulis / NIM
UMAR LAHIYA / 221409100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
Umar Lahiya. Nim. 221 409 100 : Peran Guru Dalam Pembinaan Karakter
Siswa Di MTs Al-Mubarak Marisa, Skripsi Jurusan Pendidkan Kewarga Negaran
Fakultas Ilmu sosial, Tahun 2012.
Yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah, Proses Pembinaan
Karakter Siswa Di MTs Almubarak Marisa, Faktor Penghambat Dalam Proses
Pembinaan Karakter Di MTs Almubarak Marisa. Dan Upaya Yang Dilakukan
Guru Dalam Proses Pembinaan Karakter Di MTs Almubarak Marisa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif atau
penelitian kulalitatif yang dilaksanakan untuk mengetahui peran guru yanga ada
di MTs Al-Mubarak dalam pembinaan karakter siswa.
Hasil penelitian pada observasi awal adalah pengenalan diri dan melihat situasi
dan kondisi sekolah, apa bisa melakukan penelitain, dan hasilnya menggambar
bahwa disekolah tersebut dalam hal ini MTs Al-Mubarak sebagi tempat penelitan
Dari hasil penelitian tersebut dalam hal ini hasil wawancara dapat disimpulkan
bahwa peran guru di sekolah MTs Al-Mubarak sudah lama dilakukan, di MTs Al-
Mubarak para guru membina karakter siswa di saat proses pembelajaran dan dari
hasil penelitian juga di peroleh bahwa faktor yang menjadi penghambat peran
guru dalam pembinaan karakter siswa adalah diri siswa itu sendiri, dan kurangnya
perhatian dari orang tua, di penlitian ini juga guru selalu memfokuskan pembinaan
karakter pada saat jam pelajaran berlangsung, agar siswa dapat dibina secara
bersamaan selain kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, kesenian, dan
olahraga.
Kata Kunci : Peran Guru Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di MTs
Almubarak Marisa
Download berkas