Penulis / NIM
RIANTI ARSYAD / 221409101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Abstrak
Rianti Arsyad “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn
Melalui Metode Tutor Sebaya di SMP Negeri 2 Marisa Kabupaten Pohuwato”,di
Bawah bimbingan
Prof.Welly Pangayow M. Si. PhD dan Drs Sastro Mustapa Wantu, SH,
MSi.Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum Dan
Kemasyarakatan.Fakultas Ilmu Sosial.Universitas Negeri Gorontalo.2012
Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 2 Marisa kelas VIIA, dan jumlah
siswa 27 orang.penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
dan siswi pada pembelajaran PKn Norma Dan Implementasinya melalui Metode
Tutor Sebaya.
Hipotesis dalam Panelitian ini adalah “jika guru menggunakan metode tutor
Sebaya pada pembelajaran PKn norma dan implenmentasinya maka akan
meningkatkan hasil belajar siswa”.
Dalam pembelajaran PKn khususnya norma dan implenmentasi dengan
menggunakan tutor sebaya, hasil belajar siswa dapat meningkat. Hal ini dapat di
lihat dari hasil observasi kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar siswa di
kelas.
Berdasarkan analisis hasil belajar siswa mencapai 92,60% siswa yang
memperoleh nilai 68 ke atas. Dengan demikian hasil belajar refleksi memberikan
catatan bahwa penggunaan metode tutor sebaya pada pembelejaran PKn khusnya
Norma dan Impelenmentasi sangat tepat, sehingga hasil belajar siswa dapat
mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa,Tutor Sebaya
Download berkas