Penulis / NIM
HARTATI A. R. MAEGA / 221409103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
HARTATI AR. MAEGA. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Numbered
Head Together Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Marisa. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I: Dr. Zulaena Ngiu, M.Pd dan Pembimbing II: Asmun W. Wantu,
S.Pd, M.Sc.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan
menerapkan model Pembelajaran tipe Head Together dapat meningkatkan Hasil
Belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas II SMP Negeri 2 Marisa
Kecamatan Kabupaten Pohuwato”. Sedangkan penelitian bertujuan untuk
mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkatkan dengan menerapkan
Model Pembelajaran tipe Head Together Pada Mata Pelajaran PKn di kelas II
SMP Negeri 2 Marisa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari
tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMP 2 Negeri Marisa
Kabupaten Pohuwato. Data yang dikumpulkan berupa Hasil belajar siswa dalam
mata pelajaran PKN. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah
pengamatan Hasil belajar siswa dan hasil tes terhadap perolehan hasil belajar
siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan memadukan dan sekaligus
membandingkan hasil siklus pertemuan pertama dan pertemuan kedua.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Hasil belajar siswa kelas II
SMP Negeri Marisa Kabupaten Pohuwato dalam mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di tingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe
Head Together pada pembelajaran. Pada observasi awal hanya 5 0rang atau 28 %
dari 18 siswa kelas II SMP Negeri 2 Marisa Kabupaten Pohuwato yang memiliki
Hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut selanjutnya mengalami
peningkatan pada siklus pertemuan pertama menjadi 7 orang atau sekitar 39 %.
Bahkan pada siklus pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 15
orang siswa atau 83,33%.
Dengan demikian maka hipotesis penelitian tindakan kelas ini menyatakan bahwa
”Dengan menggunakan model Pembelajaran tipe STAD Hasil belajar siswa dalam
mata pelajaran PKN di kelas IV SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo,
meningkat dan penelitian ini dapat diterima”.
Kata Kunci : Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Tipe Head Together
Download berkas