SKRIPSI

Penulis / NIM
HARTATI A. R. MAEGA / 221409103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
HARTATI AR. MAEGA. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Marisa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Zulaena Ngiu, M.Pd dan Pembimbing II: Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan model Pembelajaran tipe Head Together dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas II SMP Negeri 2 Marisa Kecamatan Kabupaten Pohuwato”. Sedangkan penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkatkan dengan menerapkan Model Pembelajaran tipe Head Together Pada Mata Pelajaran PKn di kelas II SMP Negeri 2 Marisa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMP 2 Negeri Marisa Kabupaten Pohuwato. Data yang dikumpulkan berupa Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKN. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan Hasil belajar siswa dan hasil tes terhadap perolehan hasil belajar siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan memadukan dan sekaligus membandingkan hasil siklus pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Hasil belajar siswa kelas II SMP Negeri Marisa Kabupaten Pohuwato dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di tingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Head Together pada pembelajaran. Pada observasi awal hanya 5 0rang atau 28 % dari 18 siswa kelas II SMP Negeri 2 Marisa Kabupaten Pohuwato yang memiliki Hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus pertemuan pertama menjadi 7 orang atau sekitar 39 %. Bahkan pada siklus pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 15 orang siswa atau 83,33%. Dengan demikian maka hipotesis penelitian tindakan kelas ini menyatakan bahwa ”Dengan menggunakan model Pembelajaran tipe STAD Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKN di kelas IV SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo, meningkat dan penelitian ini dapat diterima”. Kata Kunci : Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Tipe Head Together
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011