SKRIPSI

Penulis / NIM
MEIMUN BIGA / 221409105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Meimun Biga. 2012. Meningkaktkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas V Sdn 10 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Hj. Maisara Sunge, SH, MH dan Pembimbing II: Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo?”. Sedangkan penelitian bertujuan meningkatkan Prestasi belajar siswa melalui model Pembelajaran Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo. Data yang dikumpulkan berupa Prestasi belajar siswa yang didukung oleh perolehan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PKN. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan Prestasi belajar siswa dan hasil tes terhadap perolehan hasil belajar siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan memadukan dan sekaligus membandingkan hasil siklus I dan siklus terakhir atau siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Prestasi belajar siswa kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di tingkatkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada pembelajaran. Pada observasi awal hanya 4 0rang atau 25 % dari 16 siswa kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo yang memiliki prestasi belajar pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 8 orang atau sekitar 44,44 %. Bahkan pada siklus II Prestasi belajar siswa meningkat menjadi 15 orang siswa atau 83,33%. Dengan demikian maka hipotesis penelitian tindakan kelas ini menyatakan bahwa ”Dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PKN di kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo, meningkat dan penelitian ini dapat diterima”. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Mode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011