Penulis / NIM
MEIMUN BIGA / 221409105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Meimun Biga. 2012. Meningkaktkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Pkn Di
Kelas V Sdn 10 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I: Hj. Maisara Sunge, SH, MH dan Pembimbing II: Asmun W.
Wantu, S.Pd, M.Sc.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dapat
meningkatkan Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas V SDN
10 Mananggu Kabupaten Boalemo?”. Sedangkan penelitian bertujuan
meningkatkan Prestasi belajar siswa melalui model Pembelajaran Tipe Think Pair
Share pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten
Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten
Boalemo. Data yang dikumpulkan berupa Prestasi belajar siswa yang didukung
oleh perolehan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PKN. Tehnik
pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan Prestasi belajar siswa dan
hasil tes terhadap perolehan hasil belajar siswa. Data yang telah terkumpul
dianalisis dengan memadukan dan sekaligus membandingkan hasil siklus I dan
siklus terakhir atau siklus II.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Prestasi belajar siswa kelas V
SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo dalam mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di tingkatkan dengan menggunakan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Pair Share pada pembelajaran. Pada observasi awal hanya
4 0rang atau 25 % dari 16 siswa kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo
yang memiliki prestasi belajar pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut selanjutnya
mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 8 orang atau sekitar 44,44 %.
Bahkan pada siklus II Prestasi belajar siswa meningkat menjadi 15 orang siswa
atau 83,33%.
Dengan demikian maka hipotesis penelitian tindakan kelas ini menyatakan bahwa
”Dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PKN di kelas V SDN 10 Mananggu
Kabupaten Boalemo, meningkat dan penelitian ini dapat diterima”.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Mode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share
Download berkas