Penulis / NIM
ROSTIN SUNGE / 221409106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
Rostin Sunge. 2013. Meningkatkan Kreativitas Siswa dengan Menggunakan
Model Pembelajaran Make a Match pada Mata Pelajaran PKn di kelas X TKJ
SMK Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato. Skripsi. S1 PPKn Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I : Hj. Maisara Sunge, SH, MH, Pembimbing II: Dr. H.
Sukarman, M.Si
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan
model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa
SMK Negeri 1 Marisa.” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas
siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada mata
pelajaran PKn di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan
teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus,
tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan
dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model
pembelajaran make a match mampu meningkatkan kreativitas belajar siswa
dalam mata pelajaran PKn. Hasil analisis pada observasi awal menunjukan bahwa
jumlah siswa yang memiliki kreativitas belajar baik terhadap materi PKn yaitu
sebanyak 10 siswa (32.26%). Pada pelaksanaan kegiatan siklus I hal tersebut
mengalami peningkatan menjadi 19 siswa (61.29%). Sedangkan pada siklus yang
ke II mengalami peningkatan menjadi 27 siswa (87.10%)
Kata Kunci: Kreativitas Siswa, Model Pembelajaran Make a Match
Download berkas