SKRIPSI

Penulis / NIM
MIYA LARAGA / 221409107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
Miya Laraga. 2013 Penerapan Model Portofolio Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Paguat. Skripsi. Program Studi S1 Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M. Pd, dan Pembimbing II Dr. Udin Hamim, S.Pd. SH. M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Portofolio dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus terhadap 23 orang siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Paguat yang dibagi dalam empat (4) kelompok.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk pengamatan kegiatan guru mengalami peningkatan dari 27% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II untuk 3 aspek yang diamati. Hasil Pengamatan keaktifan siswa menunjukkan 48% pada siklus I untuk 3 aspek yang diamati menjadi 100% pada kategori baik dan sangat baik di siklus II. Kondisi ini diikuti oleh meningkatnya hasil belajar siswa dengan menggunakan Penerapan Model Portofolio Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari daya serap 64,83 pada siklus I menjadi 86,50% pada siklus II dengan ketuntasan 100%. Kata Kunci : Model Portofolio Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011