Penulis / NIM
MIYA LARAGA / 221409107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
Miya Laraga. 2013 Penerapan Model Portofolio Sebagai Upaya
Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Paguat. Skripsi. Program Studi S1 Fakultas Ilmu Sosial,
Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M. Pd, dan
Pembimbing II Dr. Udin Hamim, S.Pd. SH. M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model
Portofolio dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua (2) siklus terhadap 23 orang siswa kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Paguat yang dibagi dalam empat (4)
kelompok.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk
pengamatan kegiatan guru mengalami peningkatan dari 27% pada
siklus I menjadi 100% pada siklus II untuk 3 aspek yang diamati.
Hasil Pengamatan keaktifan siswa menunjukkan 48% pada siklus I
untuk 3 aspek yang diamati menjadi 100% pada kategori baik dan
sangat baik di siklus II. Kondisi ini diikuti oleh meningkatnya
hasil belajar siswa dengan menggunakan Penerapan Model
Portofolio Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari daya serap
64,83 pada siklus I menjadi 86,50% pada siklus II dengan
ketuntasan 100%.
Kata Kunci : Model Portofolio Sebagai Upaya Meningkatkan
Aktivitas Belajar Siswa.
Download berkas