Penulis / NIM
ANIK SUGIARTI / 221409108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Anik sugiarti.Nim 221409108. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar siswa
melalui metode Demonstrasi di Kelas IV SD Inpres Manunggal Karya
Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Jurusan Ilmu Hukum dan
Kemasyarakatan. Progam Study PKn. Universitas Negeri Gorontalo. 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode
Demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode
Demonstrasi di Kelas IV SD Inpres Manunggal Karya Kecamatan Randangan
Kabupaten Pohuwato
Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
Sekolah Dasar Inpres Manunggal Karya Kecamatan Randangan, Kabupaten
Pohuwato yang berjumlah 30 orang, usianya rata-rata antara 9 – 10 tahun
Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan
hasilnya digunakan untuk merefleksi diri apakah anak sudah meningkat hasil
belajarnya. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan
pada setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah
siswa yang memperlihatkan peningkatan hasil belajar yang diharapkan, seperti
yang nampak pada pada pertemuan pertama 73,3 % siswa yang mempunyai
hasil belajar yang baik, dan pada pertemuan kedua mencapai 83,3%.
Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal
83% atau 25 orang dari 30 siswa sudah mempunyai nilai di atas 70. Disamping
itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “jika dalam proses
pembelajaran digunakan metode Demonstrasi, maka hasil belajar siswa pada
materi Globalisasi di kelas IV SD Inpres Manunggal Karya Kecamatan
Randangan Kabupaten Pohuwato akan meningkat” teruji kebenarannya.
Kata Kunci : Hasil Belajar siswa Melalui Metode Demonstrasi
Download berkas