Penulis / NIM
MASNI DUNGGIO / 221409109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
Dunggio, Masni, NIM 221 409 109, MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAGUAT, Program Studi Pendidikan Kewargaengaraan Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiry, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 3 Paguat? Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Paguat dalam pembelajaran PKn, melalui strategi pembelajaran Inquiry yang dilaksanakan dalam 1 siklus dengan 2 kali pertemuan.
Objek penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn Dengan Menggunakan strategi pembelajaran inquiry dikelas VIII SMP Negeri 3 Paguat. Dalam pembahasan skripsi ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui sikap terhadap belajar.
Berdasarkan hasil pengamatan dapat di simpulkan bahwa motivasi siswa pada mata pelajaran PKn dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran Inquiry. Pada siklus I pertemuan ke-1, 10 aspek yang dinilai dalam kegiatan belajar mengajar, aspek yang mencapai kriteria senang sebanyak 3 aspek atau sekitar 40%, siswa yang ragu dalam belajar mencakup 3 aspek atau sekitar 40%, sedangkan aspek penilaian tidak senang mencakup 5 aspek atau sekitar 20%. pada siklus I pertemuan ke-2 meningkat siswa tidak senang belajar PKn sudah tidak ada lagi, sebagian besar siswa senang belajar PKn yakni 12 orang atau sekitar 80%, sedangkan siswa yang masih ragu dalam belajar PKn ada 4 orang atau 20%.
Dari hasil indikator kinerja yang telah ditetapkan, minimal 75% siswa dapat mencapai ketuntasan dalam pembelajaran PKn. Ternyata pada proses akhir tindakan siklus I pertemuan ke-2 benar-benar tercapai, sehingga dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “jika digunakan strategi pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran PKn maka kemampuan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bisa meningkat” dapat diterima.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Strategi Pembelajaran Inquiry.
Download berkas