Penulis / NIM
FATMAH PARNATAWIDJAYA / 221409113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Abstrak
Fatmah Parnatawidjaya. 22140911. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
dengan menggunakan numbered heads together Kelas V SD Inpres Manunggal
Karya Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuato. Jurusan Ilmu Hukum dan
Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Program study PKn Universitas Negeri
Gorontalo. 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model
pembelajaran numbered heads together dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada materi Negara Kesatua Republik Indonesia di Kelas V SD Inpres Manunggal
Karya Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato
Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah
Dasar Inpres Manunggal Karya Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato
yang berjumlah 30 orang, usianya rata-rata antara 11 – 12 tahun
Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan
hasilnya digunakan untuk merefleksi diri apakah anak sudah meningkat hasil
belajarnya. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada
setiap pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah
siswa yang memperlihatkan peningkatan hasil belajar yang diharapkan, seperti
yang nampak pada pada pertemuan I 73 % siswa yang mempunyai hasil belajar
yang baik, dan pada peretemuan II mencapai 86%.
Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal
86% atau 26 orang dari 30 siswa sudah mempunyai nilai di atas 70. Disamping itu
hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “jika dalam proses pembelajaran
digunakan model pembelajaran numbered heads together, maka hasil belajar
siswa pada materi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V SD
Inpres Manunggal Karya Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato akan
meningkat” teruji kebenarannya.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Numbered Hea ds
Together
Download berkas