Penulis / NIM
JAMILA ISHAK / 221409114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
JAMILA ISHAK. Nim 221 409 114. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Siswa Aktif Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas VIII SMP Negeri 3 Paguat. SKRIPSI. Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran siswa aktif dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn. Rumusan dalam penelitian ini adalah : Apakah Pembelajaran PKn melalui Strategi Pembelajaran Siswa Aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?
Setelah penelitian tindakan kelas ini dilakukan dari observasi awal sampai siklus II, hasil dapat dilihat dan dibandingkan dari observasi awal siswa memperoleh nilai rendah 26,92%, siklus I siswa memperoleh nilai 65,38% dan siklus II siswa mencapai 92%, maka dapat disimpulkan hipotesis yang menyatakan : “Jika menggunakan strategi pembelajaran siswa aktif dalam pelajaran Pkn, maka hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Paguat akan meningkat“, dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Strategi Pembelajaran Siswa Aktif
Download berkas