SKRIPSI

Penulis / NIM
HERLINA ALIM / 221409116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
HERLINA ALIM, NIM. 221409116 “Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Di Kelas VI SDN Huyula Kecamatan Randangan.”Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode Bermain Peran dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas VI SDN Huyula Kecamatan Randangan. Adapun tujuan penelitian adalah mengetahui Motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode bermain peran pada pelajaran PKn di kelas VI SDN Huyula Kecamatan Randangan. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 75% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek dalam penelitian ini adalah 38 siswa kelas VI SDN Huyula Kecamatan Randangan Tahun pelajaran 2012-2013. Hasil belajar siswa diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan data pada siklus 1 tentang hasil belajar siswa mengenai Pemilihan umum menggunakan Metode Bermain Peran terdapat 23 orang siswa yang belum tuntas belajar atau 61% dan masih memerlukan tindakan pada siklus kedua karena rata-rata nilai yang diperloleh dibawah dari 65 dengan skala penilaian 100 (dibawah KKM), sementara 15 orang siswa atau 39% memperoleh nilai diatas 65. Pada siklus 2 yang memperoleh nilai di atas 65 sebanyak 30 orang atau sekitar 79% dan yang memperoleh nilai di bawah 65 sebanyak 8 orang atau sekitar 21%. Ketercapaian hasil belajar siswa ini melebihi indikator yang ingin dicapai yaitu 75%. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan metode Bermain Peran, Motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn telah menunjukan keberhasilan. Kata Kunci : Penerapan, Metode Bermain Peran, Motivasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011