Penulis / NIM
HERLINA ALIM / 221409116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
HERLINA ALIM, NIM. 221409116 “Penerapan Metode Bermain Peran dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Di Kelas VI SDN
Huyula Kecamatan Randangan.”Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo,
Program S1 PKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan
metode Bermain Peran dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa pada
pembelajaran PKn di kelas VI SDN Huyula Kecamatan Randangan. Adapun tujuan
penelitian adalah mengetahui Motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode
bermain peran pada pelajaran PKn di kelas VI SDN Huyula Kecamatan Randangan.
Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan
penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 75% dari
jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek
dalam penelitian ini adalah 38 siswa kelas VI SDN Huyula Kecamatan Randangan
Tahun pelajaran 2012-2013. Hasil belajar siswa diukur berdasarkan kriteria
ketuntasan belajar perorangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan data pada siklus 1 tentang hasil
belajar siswa mengenai Pemilihan umum menggunakan Metode Bermain Peran
terdapat 23 orang siswa yang belum tuntas belajar atau 61% dan masih memerlukan
tindakan pada siklus kedua karena rata-rata nilai yang diperloleh dibawah dari 65
dengan skala penilaian 100 (dibawah KKM), sementara 15 orang siswa atau 39%
memperoleh nilai diatas 65. Pada siklus 2 yang memperoleh nilai di atas 65 sebanyak
30 orang atau sekitar 79% dan yang memperoleh nilai di bawah 65 sebanyak 8 orang
atau sekitar 21%. Ketercapaian hasil belajar siswa ini melebihi indikator yang ingin
dicapai yaitu 75%.
Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan metode
Bermain Peran, Motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn telah menunjukan
keberhasilan.
Kata Kunci : Penerapan, Metode Bermain Peran, Motivasi.
Download berkas