Penulis / NIM
UPIN R. ALI / 221409117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
Ali R, Upin, 2013. “Kemampuan Guru dalam Meningkatkan Kreativitas
Peserta Didik di SLB Negeri Pohuwato” Pembimbing (1) Prof Welly
Pangayaow M.Pd. Ph.D dan yang dan Pembimbing (2) Hj Maisara Sunge, SH.M.H
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif karena penelitian ini diarahkan pada upaya untuk mencari jawaban atas
persoalan yang ada saat ini sesuai dengan pengamatan penulis sekaligus mengaitkan
masing-masing variabel dalam fenomena yang diteliti dengan cara menguraikan
kesimpulan-kesimpulan dengan kata-kata atau berbentuk deskriptif.
Dari hasil penelitian dilapangan dapat ditarik beberapa hal penting
menyangkut yaitu : 1) Kemampuan guru dalam meningkatkan kreativitas siswa di
SDLB Negeri di Kabupaten Pohuwato, terlihat dai kemampuan guru dalam
mendesain pembelajaran yang kreatif dan menarik. Pembelajaran kreatif dan menarik
tersebut diimplementasikan melalui pemilihan strategi dan media pembelajaran yang
sesuai dengan materi yang diajarkan serta disesuaikan dengan tingkat kemampuan
dan perkembangan siswa. Kreativitas siswa terlihat dorongan kepada peserta didik
untuk mengetahui lebih banyak, mengajukan banyak pertanyaan, perhatian yang
terfokus serta keinginan untuk mengetahui dan meneliti. 2) penghambat guru dalam
meningkatkan kreativitas peserta didik mencakup penghambat internal dan
penghambat eksternal. Penghambat internal mencakup, kurangnya disiplin guru,
masih rendahnya tanggung jawab guru, guru kurang kreatif. Sedangkan penghambat
eksternal mencakup kurangnya bahan-bahan literatur, kurangnya sarana penunjang
pembelajaran, rendahnya kualitas input, kurangnya dukungan orang tua serta
kurangnya alokasi waktu khusus pada mata pelajaran Mulok, Penjas, SBK dan
Agama. 3) Adapun upaya yang dilakukan berupa studi lanjut bagi guru yang belum
sarjana, mengirim guru mengikuti pelatihan-pelatihan baik ditingkat kabupaten,
provinsi maupun nasional, mengikutkan guru pada seminar, MGMP, KKG dan lomba
guru berkualitas, melengkapi buku bahan ajar, melengkapi sarana penunjang,
meningkatkan kedisiplinan kerja baik bagi guru, karyawan dan siswa serta
memperbaiki proses rekruitmen siswa baru.
Kata Kunci: Kemampuan Guru, Kreativitas, Peserta didik.
Download berkas