SKRIPSI

Penulis / NIM
UPIN R. ALI / 221409117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
Ali R, Upin, 2013. “Kemampuan Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di SLB Negeri Pohuwato” Pembimbing (1) Prof Welly Pangayaow M.Pd. Ph.D dan yang dan Pembimbing (2) Hj Maisara Sunge, SH.M.H Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif karena penelitian ini diarahkan pada upaya untuk mencari jawaban atas persoalan yang ada saat ini sesuai dengan pengamatan penulis sekaligus mengaitkan masing-masing variabel dalam fenomena yang diteliti dengan cara menguraikan kesimpulan-kesimpulan dengan kata-kata atau berbentuk deskriptif. Dari hasil penelitian dilapangan dapat ditarik beberapa hal penting menyangkut yaitu : 1) Kemampuan guru dalam meningkatkan kreativitas siswa di SDLB Negeri di Kabupaten Pohuwato, terlihat dai kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran yang kreatif dan menarik. Pembelajaran kreatif dan menarik tersebut diimplementasikan melalui pemilihan strategi dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan serta disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan perkembangan siswa. Kreativitas siswa terlihat dorongan kepada peserta didik untuk mengetahui lebih banyak, mengajukan banyak pertanyaan, perhatian yang terfokus serta keinginan untuk mengetahui dan meneliti. 2) penghambat guru dalam meningkatkan kreativitas peserta didik mencakup penghambat internal dan penghambat eksternal. Penghambat internal mencakup, kurangnya disiplin guru, masih rendahnya tanggung jawab guru, guru kurang kreatif. Sedangkan penghambat eksternal mencakup kurangnya bahan-bahan literatur, kurangnya sarana penunjang pembelajaran, rendahnya kualitas input, kurangnya dukungan orang tua serta kurangnya alokasi waktu khusus pada mata pelajaran Mulok, Penjas, SBK dan Agama. 3) Adapun upaya yang dilakukan berupa studi lanjut bagi guru yang belum sarjana, mengirim guru mengikuti pelatihan-pelatihan baik ditingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, mengikutkan guru pada seminar, MGMP, KKG dan lomba guru berkualitas, melengkapi buku bahan ajar, melengkapi sarana penunjang, meningkatkan kedisiplinan kerja baik bagi guru, karyawan dan siswa serta memperbaiki proses rekruitmen siswa baru. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Kreativitas, Peserta didik.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011