Penulis / NIM
MERLIA NINGSI BILATULA / 221409118
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
Merlianingsi Bilatula. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran PKn melalui Penerapan model pembelajaran tipe STAD di kelas IV
SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I: Prof. Drs. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan Pembimbing II: Dr.
Sukarman Kamuli, M.Si.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan
menerapkan model Pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan Hasil Belajar
siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas IV SDN 10 Mananggu Kecamatan
Mananggu Kabupaten Boalemo?”. Sedangkan penelitian bertujuan untuk
mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkatkan dengan menerapkan
Model Pembelajaran tipe STAD Pada Mata Pelajaran PKn di kelas IV SDN 10
Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus
terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 10 Mananggu
Kabupaten Boalemo. Data yang dikumpulkan berupa Hasil belajar siswa dalam
mata pelajaran PKN. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah
pengamatan Hasil belajar siswa dan hasil tes terhadap perolehan hasil belajar
siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan memadukan dan sekaligus
membandingkan hasil siklus pertemuan pertama dan pertemuan kedua.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Hasil belajar siswa kelas IV
SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo dalam mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di tingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe
STAD pada pembelajaran. Pada observasi awal hanya 5 0rang atau 28 % dari 18
siswa kelas IV SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo yang memiliki Hasil
belajar pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut selanjutnya mengalami peningkatan
pada siklus pertemuan pertama menjadi 7 orang atau sekitar 39 %. Bahkan pada
siklus pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 15 orang siswa
atau 83,33%.
Dengan demikian maka hipotesis penelitian tindakan kelas ini menyatakan bahwa
”Dengan menggunakan model Pembelajaran tipe STAD Hasil belajar siswa dalam
mata pelajaran PKN di kelas IV SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo,
meningkat dan penelitian ini dapat diterima”.
Kata Kunci : Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Tipe STAD
Download berkas