Penulis / NIM
ROSANTI PAKAYA / 221409119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ROSANTI PAKAYA, NIM. 221 409 019 “Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Sikap Nasionalisme Melalui Model Bermain Kartu Cerita Kepahlawanan Di Kelas III SDN Omayuwa Kecamatan Randangan.”Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampiuan siswa membaca huruf, sehingga dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca dan sikap nasionalisme di kelas III SDN Omayuwa Kecamatan Randangan. melaui penggunaan metode bermain kartu.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Omayuwa Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato dengan jumlah 17 orang siswa terdiri dari laki-laki 9 orang, dan perempuan 8 orang, dan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca huruf melalui penggunaan metode bermain kartu cerita pada pelaksanaan awal 58,8%, siklus I menjadi 70,6%, siklus II 88,4%.
Hipotesis penelitian tindakan kelas ini “Jika menggunakan metode bermain kartu cerita, maka kemampuan siswa membaca dan sikap nasionalisme di kelas III SDN Omayuwa Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan, dapat diterima”.
Kata Kunci : Meningkatkan, Kemampuan, Metode Bermain Kartu
Download berkas