SKRIPSI

Penulis / NIM
DELFIANTY AKUDE / 221409120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
Delfianty Akude. NIM 221 409 120. “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 10 Mananggu Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses.” Skripsi Program Studi PKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Drs. Revoltje O.W Kaunang, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak DR. Sukarman Kamuli, M.Si selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas IV SDN 10 Mananggu pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Metode penelitian adalah deskriptif, siswa yang dikenakan tindakan adalah 20 orang siswa. Rancangan penelitian mengacu pada prosedur penelitian tindakan kelas. Dalam pengumpulan data diguanakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa, serta instrument berupa soal tertulis. Hasil analisis data pada pembelajaran siklus I, 13 dari 20 siswa atau 65% dari keseluruhan siswa yang dikenakan tindakan mencapai kriteria nilai minimal 60. Persentase tersebut meningkat pada siklus II, dari 20 siswa yang dikenakan tindakan 15 orang atau 75% memperoleh nilai 65 ke atas dan dinyatakan tuntas belajar. Dengan hasil analisis data tersebut jelaslah bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IV SDN 10 Mananggu tahun pelajaran 2012/2013. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Keterampilan Proses.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011