Penulis / NIM
DELFIANTY AKUDE / 221409120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
Delfianty Akude. NIM 221 409 120. “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 10 Mananggu Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses.” Skripsi Program Studi PKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Drs. Revoltje O.W Kaunang, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak DR. Sukarman Kamuli, M.Si
selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas IV
SDN 10 Mananggu pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan
keterampilan proses.
Metode penelitian adalah deskriptif, siswa yang dikenakan tindakan adalah
20 orang siswa. Rancangan penelitian mengacu pada prosedur penelitian tindakan
kelas. Dalam pengumpulan data diguanakan lembar observasi kegiatan guru dan
siswa, serta instrument berupa soal tertulis.
Hasil analisis data pada pembelajaran siklus I, 13 dari 20 siswa atau 65%
dari keseluruhan siswa yang dikenakan tindakan mencapai kriteria nilai minimal
60. Persentase tersebut meningkat pada siklus II, dari 20 siswa yang dikenakan
tindakan 15 orang atau 75% memperoleh nilai 65 ke atas dan dinyatakan tuntas
belajar.
Dengan hasil analisis data tersebut jelaslah bahwa penggunaan pendekatan
keterampilan proses pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa Kelas IV SDN 10 Mananggu tahun pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Keterampilan Proses.
Download berkas