Penulis / NIM
MELKI BANGGA / 221410002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DENGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI IPA4 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MARISA
ABSTRAK
Melky Bangga 2017. Penerapan Metode Tanya Jawab dengan Variasi Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI IPA4 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Marisa, Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Hj. Maisara Sunge, SH, MH. dan Hj. Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Marisa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Tanya Jawab dengan Variasi Media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Marisa.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan metode Tanya Jawab dengan Variasi Media pembelajaran. Dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar pengamatan aktifitas guru dan lembar pengamatan aktifitas siswa selama proses belajar mengajar dengan criteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), dan kurang (K) yaitu pertemuan 1: jumlah siswa 31 orang, laki-laki 8 orang dan perempuan 23 orang hasil pengamatan aktifitas guru dari 18 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 38,89%, pada pengamtan aktifitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 50%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 18 orang atau 58,06%. Pertemuan 2: jumlah siswa 31 orang, laki-laki 8 orang dan perempuan 23 orang hasil pengamtan aktifitas guru dari 18 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 72,22%, pada pengamatan aktifitas siswa dari 10 aspek yang mencapai criteria sangatbaik (SB) dan baik (B) sebanyak 70%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 23 orang atau 74,19%.Pertemuan 3: jumlah siswa 31 orang, laki-laki 8 orang dan perempuan 23 orang hasil pengamatan aktifitas guru dari 18 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 94,44%, pada hasil pengamatan aktifitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 90%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 27 orang atau 87,09%.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Tanya Jawab dengan Variasi Media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Marisa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Tanya Jawab.
Download berkas