Penulis / NIM
RENI TOMU / 221410006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
A B S T R A K
Reni Tomu (Reni) 2014. Peranan Penguatan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegraan di SMA Tridarma Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan penguatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Tridarma Kota Gorontalo. Indikator yang dijadikan tolak ukur dalam mengukur peraranan penguatan yaitu penguatan verbal dan penguatan non verbal yang dilaksanakan guru dalam proses pembelajaran dalam upaya memotivasi siswa dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis peranan penguatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Tridarma Kota Gorontalo.
Hasil Penelitian menujukkan bahwa penguatan telah berperan dalam meningkatkan motivasi siswa di SMA Tridarma Kota Gorontalo yaitu penguatan verbal dan penguatan non verbal. Adapun penguatan verbal yang telah dilakukan guru adalah kalimat pujian, Kalimat kepuasan dan penilaian lisan. Sedangkan penguatan nonverbal adalah bertepuk tangan, memberikan hadiah.
Kata Kunci: Penguatan, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas