Penulis / NIM
TAMSU H. NAPU / 221410007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Tamsu H Napu (Tamsu) 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Inquiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial B Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W Wantu, S.Pd, M.Sc
Permasalahan yang diangkat dalam penelitianini; apakah penerapan strategi pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial B Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Pemecahan masalah dilakukan dengan cara siswa menggali informasi melalui permasalahan yang disampaikan guru melalui lembar kerja kelompok, setiap kelompok berdiskusi memecahkan masalah sesuai lembaran kerja, setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja hasil kerja dan ditanggapi kelompok lain, guru membimbing siswa, menyimpulkan materi dan membuat resume materi secara ringkas guru memberikan teks evaluasi berupa soal-soal secara tertulis dan pada kegiatan akhir
guru melakukan refleksi hasil evaluasi dengan tanya tentang materi yang belum dipahami siswa
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran Inquiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial B Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Hasil Penelitian menujukkan bahwa Strategi pembelajaran Inquiri pada penelitian tersebut telah memberikan manfaat dalam mengaktifkan siswa untuk belajar dalam bentuk kelompok mengerjakan tugas dalam menemukan pemecahan masalah yang dihadapi. Peningkatran hasil belajar siswa terjadi pada Siklus I telah terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas 16 orang atau 77,8% walaupun sudah ada peningkatan tetapi belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan yaitu minimal 18 orang atau 86% dari 21 orang siswa di Kelas X IPS B SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus berikutnya atau Siklus II. Pada Siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu dari 21 orang siswa di kelas tersebut yang tuntas sebanyak 19 orang siswa atau 90.5% .
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Strategi Pembelajaran Inquiri
Download berkas