SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIYANTI ISMAIL / 221410009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
A B S T R A K Fitriyanti Ismail (Fitri) 2014. Meningkatkan Aktivitas siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Cooverative Learning Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas X IPS C SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini apakah metode Cooverative Learning Jigsaw dapat meningkatkan Aktivitas siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS C SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan menerapkan metode Cooverative Learning Jigsaw dengan cara membagi kelompok asal, memberikan identitas pada anggota kelompok, mempertemukan anggota kelompok yang memiliki identitas yang sama membentuk kelompok ahli, melakukan diskusi, anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal dan kemudian presentasi hasil kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui apakah dengan menggunakan Metode Cooverative Learning Jigsaw, di Kelas X IPS C SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dan bermanfaat bagi siswa, guru, sekolah maupun peneliti. Hasil Penelitian menujukkan bahwa pada Siklus I aktivitas siswa mulai meningkat baik pada keberanian mengajukan pertanyaan, kemampuan menjawab pertanyaan maupun mengerjakan tugas-tugas yang diberika guru. Peningkatan ini tampak optimal pada saat siswa akan berkumpul untuk berdiskusi pada kelompok ahli. Pada Siklus I peningkatan aktivitas belajar yang diperoleh 16 orang atau 72.7.% dari 22 siswa di kelas tersebut. Pada Siklus II hasil analisis pada Siklus II menunjukan peningkatan aktivitas siswa yaitu 19 orang atau 86.4% dari 22 Siswa di kelas tersebut. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Metode Cooverative Learning Jigsaw
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011