Penulis / NIM
INDRAWAN SAKO / 221410012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
A B S T R A K
Indrawan Sako (Indra) 2015. Analisis Pengembangan Interaksi Sosial Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo, dibawa bimbingan Hj. Maisara Sunge, SH, MH dan Dr.H. Sukarman Kamuli, M.Si
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini bagaimana pengembangan interaksi sosial siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengembangan interaksi sosial siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dan upaya apa yang dilakukan guru dalam pengembangan interaksi sosial siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan interaksi sosial siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan interaksi sosial siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. 3) Mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam pengembangan interaksi sosial siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan interaraksi sosial siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. dilaksanakan dalam 3 kategori yaitu pengembangan interaksi verbal, interaksi emosional dan pegembangan interaksi tindakan sosial. Faktor-faktor yang Mempengaruhi pengembangan interaksi sosial siswa dalam kegiatan pramuka yaitu faktor kebiasaan yang di bawah dari lingkungan keluarga, faktor kebiasaan dari lingkungan masyaratak dan rendahnya kepatuhan dalam melaksanakan interaksi verbal yang baik. Rendahnya rasa kepedulian terhadap sesama dan kurangnya pergaulan siswa. Upaya yang dilakukan dalam pengembangan interaksi sosial siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka yaitu mengoptimalkan bimbingan bagi siswa memberikan pelatihan tata cara membantu bencana alam latihan pertolongan untuk kecelakaan dan memberikan pemahaman pentingnya saling tolong menolong.
Kata Kunci: Interaksi Sosial Siswa , Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
Download berkas