Penulis / NIM
MEILAN MARANYA / 221410020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
A B S T R A K
Meilan Marnya (Ela) 2014. Upaya Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Belajar Aktif di Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial C Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W Wantu, S.Pd, M.Sc
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini Apakah Metode Belajar Aktif dapat membantu siswa mengingat kembali materi Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial C Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Berdasarkan rumusan masalah maka langkah-langkah pemecahan masalah yaitu membuka proses pembelajaran dengan apersepsi dan motivasi, mengarahkan siswa menggali informasi melalui tayangan materi di LCD, mengarahkan siswa berdiskusi membahas materi ajar, memberikan kesempatan kepada siswa membuat power point materi, memberikan kesempatan pada siswa berdiskusi dan kemudian persentasi, mengarahkan siswa menyimpulkan materi ajar dan pemberian evaluasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa mengingat kembali materi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode belajar aktif di Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial C Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Kegiatan penelitian dapat bermanfaat bagi beberapa pihak yaitu bagi siswa, bagi guru, dan bagi lembaga sekolah.
Hasil Penelitian menujukkan bahwa hasil belajar siswa mengingat kembali materi Pendiidikan Kewarganegaraan dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode pembelajaran aktif. Penggunaan metode pembelajaran aktif telah memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dalam belajar baik dalam memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan maupun bekerja sama dalam diskusi kelompok. Kegiatan ini kemudian berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mengingat kembali. Pada Siklus I menunjukkan bahwa dari 28 siswa di kelas tersebut siswa yang tuntas sebanyak 21 orang atau 75% dan kemudian meningkat dengan cukup signifikan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas sebanyak 25 orang atau 89,3 %. Hasil tersebut sudah memperlihatkan peningkatan seusai dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu minimal kemampuan siswa menghafal lembali diperoleh rata-rata 80% sehingga disimpulkan bahwa peneitian ini telah berhasil.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Aktif
Download berkas