SKRIPSI

Penulis / NIM
MUAMAR ALAMRI / 221410029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Muamar Alamri, Nim 221410029 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kumon Di Kelas XII IPA/3 SMA Negeri 1 Sang Tombolan. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XII IPA/3 SMA Negeri 1 Sang Tombolan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kumon Di Kelas XII IPA/3 SMA Negeri 1 Sang Tombolang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kumon pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XII IPA/3 SMA Negeri 1 Sang Tombolan telah terbukti meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada observasi awal untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari 21 siswa yang masuk kategori ketuntasan hanya terdiri dari 5 siswa (24%) sedangkan selain dari itu, sekitar 16 siswa (76%) yang tidak termasuk dalam kategori tuntas. Kemudian pada Siklus I Pertemuan 1, dari 21 siswa di Kelas XII IPA/3, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sang Tombolang, siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa (52%) dan tidak tuntas sebanyak 10 siswa (48%). Kemudian dilanjutkan pada Siklus I Pertemuan 2, siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 67% dari 21 siswa di kelas XII IPA/3 SMA Negeri 1 Sang Tombolan. Karena belum sesuai dengan indikator ketuntasan minimal 75%, maka dilanjutkan pada Siklus I Pertemuan 3 yaitu siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa atau 90% dan tidak tuntas sebanyak 2 siswa atau 10%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi "jika menggunakan model pembelajaran kumon, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Di SMAN 1 Sang Tombolang kelas XII IPA/3, dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar siswa, Model Pembelajaran Kumon
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011