Penulis / NIM
AMBRIN BINABA / 221410031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
Ambrin Binaba, nim 221 410 031 "Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Empirik Di SMP Negeri 4 Nuhon". Skripsi 2015 jurusan ilmu hukum dan kemasyarakatan, fakultas ilmu social, prodi S-1 PPKn, universitas negeri gorontalo 2015, dengan pembimbing 1 Hj. Maisara Sunge, SH, MH dan pembimbing 2 Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penerapan strategi pembelajaran Empirik dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IX SMP negeri 4 Nuhon? Adapun tujuannya Untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IX SMP negeri 4 Nuhon melalui Penerapan strategi pembelajaran empirik.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan strategi pembelajaran empirik dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data dilakukan dengan penggunaan lembar observasi siswa dan guru, serta hasil evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Berdasarkan analisis data dari 30 orang siswa maka dapat diketahui rata-rata peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yaitu: Pada siklus 1 dalam 2 pertemuan rata-rata siswa keseluruhannya mencapai 56,66% dan belum dikatakan tuntas, pada siklus II dalam 2 pertemuan rata-rata siswa keseluruhan mencapai 89,99% sudah dikatakan tuntas, maka dengan ini hipotesis tindakan yaitu: Jika menggunakan strategi pembelajaran empirik pada mata pelajaran PPKn, maka hasil belajar siswa di kelas IX SMP 4 Nuhon dapat meningkat. Penelitian ini telah teruji kebenaranya dengan menggunakan strategi pembelajaran empirik.
Kata kunci : empirik, minat belajar siswa, pendidikan kewargnegaraan
Download berkas