Penulis / NIM
FARMIN TAIB / 221410034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IX SMP NEGERI 8 SATU ATAP WONOSARI
ABSTRAK
Farmin Taib, 221 410 034. "".Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan bapak Drs. Revoltje O.W.Kaunang, M.Pd selaku pembimbing I dan ibu Asmun W.Wantu, S.Pd, M.Sc selaku pembimbing II.
Dengan rumusan masalah apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Satu Atap Wonosari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembar tes. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Satu Atap Wonosari siswa yang ditetapkan sebagai obyek penelitian yaitu kelas IX dengan jumlah siswa 12 orang.
Dari hasil penelitian sebanyak I siklus dengan 3 kali pertemuan secara jelas terlihat mengalami kenaikan atau peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan ke-1 siswa yang tuntas sebanyak 25%, sedangkan pada siklus I pertemuan ke-2 sebanyak 41,67%, meningkat 15,67% sedangkan untuk siklus I pertemuan ke-3 sebanyak 100% jadi meningkat sebanyak 58,33%.
Kata kunci: pembelajaran jigsaw hasil belajar siswa, pendidikan kewarganegaraan.
Download berkas