SKRIPSI

Penulis / NIM
SARIYATI / 221410035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
ABSTRAK Sariyati.2014 " Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Listening Team Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas VII SMP Negeri 8 Paguyaman". Dengan Pembimbing I Drs. Revoltje O.W. Kaunang.M.Pd dan Pembimbing II Hj.Maysara Sunge, SH. MH. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Program Setudi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan pada siswa kelas VII (tuju) SMP Negeri 8 Paguyaman tahun ajaran 2013/2014. Rumusan masaalaah adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran listening Team aktivitas belajar siswa dapat di tingkatkan? Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan aktivitas belajar PKn siswa kelas VII melalui model pembelajaran listening team. Dalam penelitian ini siswa yang di kenai tindakan berjumlah 40 orang. Penelitian ini berlangsung dalam satu siklus dua kali pertemua, pada pertemuan pertama sesuai hasil pengamatan aktivitas kelompok yang memperoleh kriteria sangat baik 1 aspek( 14,28%) kriteria baik 1 aspek( 14,28%) dan kriteria cukup 5 aspek( 71,42%). Pengamatan aktivitas belajar siswa perindividu yang memperoleh kriteria sangat aktif 4 orang( 10%), kriteria aktif 4 orang( 10%), kriteria cukup aktif 3 orang (7,5%), kriteria kurang aktif 12 orang (30%) dan kriteria tidak aktif 17 orang (42.5%). Kegiatan belajar siswa pada pembelajaran ini belum optimal dan perlu di lanjutkan ke pertemuan berikutnya. Dari hasil pengamatan aktivitas belajar siswa secara kelompok mendapatkan hasil kriteria sangat baik 3 aspek ( 42,85%) kriteria baik 4 aspek (57,14%). Pengamatan aktivitas belajar siswa perindividu , yang memperoleh kriteria sangat aktif 8 orang (20%), kriteria aktif 14 orang (35%) kriteria cukup aktif 12 orang( 30%), kriteria kurang aktif 3 orang (7,5%) dan kriteria tidak aktif 3 orang (7,5%) Dari hasil penelitian satu siklus sebanyak dua kali pertemua tampak jelas bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 pertemuan pertama ke siklus 1 pertemuan ke-II sesuai dengan apa yang sudah di rencanakan seperti pada hipotesis tindakan yaitu " dengan menggunakan model pembelajaran listening team maka aktivitas belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Paguyaman dapat di tingkatkan. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Listening Team, Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011